ilbab bukanlah tren fashion karena hukumnya wajib bagi tiap Muslimah. Tata cara berjilbab yang benar juga telah diatur agar sesuai syariat agama. Di antaranya, jilbab haruslah menutupi dada, tidak membentuk lekuk tubuh, tidak menampakkan perhiasan, serta tidak digunakan untuk tujuan menyombongkan diri. Menuruti syariat ini akan mendatangkan banyak manfaat bagi Muslimah. Berikut adalah 15 manfaat berhijab yang bisa didapat.

Ragam Manfaat Berhijab Bagi Muslimah

  1. Bukti Taqwa Pada Allah

Seorang Muslim dan Muslimah tentunya wajib untuk beriman serta bertaqwa pada Allah. Taqwa ialah bentuk perbuatan dalam menjalankan tiap perintah-Nya dan menjauhi tiap larangan-Nya. Salah satu bukti taqwa adalah mengenakan jilbab. Hal ini sudah termasuk dalam menjalankan perintah-Nya karena perintah berhijab ada dalam Al Quran.

  1. Terhindar Dari Azab Pedih

Jilbab bukan masalah sepele karena perintah untuk itu ada dalam Al Quran. Muslimah yang tidak mengenakan jilbab juga akan mendapat azab yang pedih. Dalam Hadist Bukhari Muslim disebutkan bahwa Rasulullah bersabda adanya perempuan yang digantung rambutnya hingga otaknya mendidih karena ia mengumbar serta mempertontonkan rambutnya di hadapan laki-laki selain suaminya.

www.pexels.com
  1. Menjadi Perempuan Soleha

Tiap Muslimah tentu ingin menjadi perempuan soleha yang taat akan agama. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jilbab. Hal ini juga harus dibarengi dengan perbaikan akhlak. Dengan demikian, perempuan akan dapat menjadi perhiasan dunia. Dalam Hadist Riwayat Muslim dikatakan bahwa sebaik-baiknya perhiasan dunia ialah wanita soleha.

  1. Menjaga Kehormatan Diri

Kita mungkin seringkali mendengar adanya wanita yang marah karena digoda pria. Salah satu cara untuk menjaga kehormatan diri ialah dengan menutup aurat menggunakan jilbab. Ini karena seringkali pria akan segan untuk menggoda wanita yang tertutup penampilannya. Perintah Allah akan dapat membantu kita dalam menjaga kehormatan diri dan membantu pria menundukkan pandangannya.

  1. Menghindari Resiko Pelecehan Seksual

Masih terkait poin keempat di atas, menutup aurat dengan sempurna akan membuat laki-laki enggan dan segan dalam menggodai. Ini bisa turut meminimalisir resiko terjadinya pelecehan seksual yang kerap diterima perempuan dari laki-laki.

  1. Penampilan Lebih Anggun

Perempuan berjilbab biasanya akan tampak lebih anggun dibanding mereka yang menggunakan pakaian ketat. Aura feminim akan lebih terlihat dan tentunya aurat tertutup tanpa diumbar sana-sini.

  1. Memperoleh Jodoh yang Baik

Perempuan berjilbab dengan akhlak yang baik pastinya akan mendapat jodoh yang baik pula. Allah telah berjanji dalam Quran Surah An Nur ayat 26 di mana dikatakan bahwa perempuan jahat diciptakan untuk laki-laki jahat, sementara perempuan baik diciptakan untuk laki-laki yang baik pula. Mengenakan jilbab berarti seorang perempuan telah mengikuti perintah Allah dan menunjukkan bahwa ia bertaqwa. Oleh karenanya, ia dapat dikategorikan sebagai perempuan baik yang akan mendapat laki-laki baik pula sebagai jodohnya.

  1. Mendidik Akhlak

Saat memutuskan untuk mengenakan jilbab, kita harus pula membenahi perilaku diri supaya lebih baik lagi dari sebelumnya. Penampilan serta akhlak akan jadi semakin sinkron alias tidak bertentangan. Jangan sampai saat suda mengenakan jilbab syari, kelakukan sehari-hari masih kurang baik. Ini artinya, salah satu cara dalam menjadi Muslimah yang lebih baik akhlaknya adalah dengan mengenakan jilbab.

www.pexels.com
  1. Melindungi Kesehatan Rambut

Banyak Muslimah yang masih enggan berjilbab karena akan membuat rambutnya lepek dan berketombe. Padahal rumor ini sangatlah salah. Justru mengenakan jilbab akan membuat rambut terlindung dari sinar matahari serta polusi yang bisa membuatnya kusam, bercabang dan tidak sehat. Penyebab kerusakan rambut akan dapat dihindari sehingga mahkota wanita ini selalu terjaga. Untuk semakin menjaga kesehatan serta kecantikan rambut, kita tetap harus gunakan produk perawatan khusus seperti shampo dan kondisioner Caboki.

  1. Meminimalisir Resiko Kanker Kulit

Kanker ialah salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini terutama bisa berkembang pada bagian manapun di jaringan manusia, termasuk kulit. Kanker melanoma atau biasa disebut kanker kulit ialah kanker yang tumbuhnya di sel-sel melanosit yang memproduksi pigmen melanin pada kulit. Penyebabnya ialah paparan sinar ultraviolet secara berlebihan serta kebiasaan menggunakan pakaian ketat. Salah satu dari 15 manfaat berhijab ialah melindungi kulit dari paparan sinar UV sehingga kita akan bisa meminimalisir resiko terkena kanker kulit.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Siapa sangka ternyata mengenakan hijab akan dapat pula mencegah penuaan dini. Berhijab akan membuat rambut serta kulit terlindung dari sinar ultraviolet. Sinar ini sendiri dapat mempercepat proses kemunculan uban pada rambut. Selain itu, produksi kolagen pada kulit akan dapat berkurang. Keelastisan kulit akan menurun dan resiko penuaan dini akan meningkat. Namun apabila kita menggunakan jilbab, maka otomatis sinar UV akan dapat dihindari sehingga resiko penuaan dini juga bisa dicegah.

  1. Mencegah Pigmentasi Kulit

Sinar UV terutama akan dapat memunculkan hiperpigmentasi, yaitu sebuah kondisi di mana kulit mengalami penggelapan signifikan. Bahkan, hal ini akan dapat turut memunculkan flek hitam pada kulit. Penggunaan jilbab akan melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih sehingga flek-flek hitam sebagai akibat dari hiperpigmentasi bisa dihindari. Kulit akan tetap terlihat cerah serta sehat sepanjang hari.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berjilbab takkan menimbulkan rasa minder namun justru dapat meningkatkan rasa percaya diri. Berjilbab akan menutupi kekurangan-kekuarangan yang ada pada tubuh. Misalnya, rambut yang keriting ataupun leher yang tampak menghitam. Karena kekurangan-kekurangan tersebut tertutup, maka kita akan menjadi lebih percaya diri. Namun, tentunya niat awal dalam berjilbab bukanlah untuk menutupi kekurangan fisik, melainkan murni untuk menjalankan perintah-Nya. Peningkatan rasa percaya diri karena kekurangan yang tertutup ini hanya manfaat sampingan yang bisa kita nikmati dari mengenakan jilbab.

www.pexels.com
  1. Meningkatkan Kecantikan

Cantiknya seorang Muslimah tak sekedar dinilai dari polesan make up atau fisiknya saja. Kecantikan dapat pula muncul dari kelakukan yang baik serta agama yang bagus. Salah satunya adalah jika seorang Muslimah mengenakan jilbab. Biasanya, mereka akan tampak lebih cantik serta menawan. Aurat yang tertutup sempurna justru akan lebih menguarkan aura kecantikan seseorang.

  1. Pendukung Dakwah

Seseorang yang memiliki ilmu harus dapat membuat ilmunya bermanfaat, tidak hanya bagi diri sendiri namun juga orang-orang di sekitarnya. Salah satunya ialah melalui jalan dakwah. Berjilbab ini dapat turut mendukung agar aktivitas dakwah semakin lancar. Maksudnya ialah dakwah agama yang menunjukkan pentingnya jilbab dalam Islam.

Itulah beberapa manfaat berjilbab yang bisa didapat oleh seorang Muslimah. Tidak perlu takut rambut akan jadi lepek dan kering gara-gara jilbab, apalagi sekarang ada produk perawatan Caboki agar rambut senantiasa terjaga kesehatan dan keindahannya. Rajinlah mencuci rambut dengan shampo dan kondisioner favorit tiga kali dalam seminggu untuk menjaga agar rambut tidak kusam dan kering. Kita juga bisa gunakan vitamin rambut untuk menjaga kesehatannya.

www.pexels.com

Leave a Comment