Hari gini masih bingung memilih material untuk tempat tidur milik Anda? Bila Anda mengutamakan penampilan dan durabilitas, maka kayu jati adalah bahan yang paling tepat untuk kasur Anda. karena kayu jati ini bisa memberikan kesan yang lebih natural dan minimalis. Sehingga, dengan menggunakannya, Anda bisa mendapatkan kesan kamar yang lebih natural dan tidak membosankan. Dengan begitu, Anda bisa makin betah berlama-lama di dalam rumah.

www.pexels.com

Kelebihan Tempat Tidur dari Kayu Jati

Tidak hanya sekedar terlihat berkelas dan juga estetika saja, kasur yang berasal dari kayu jati itu punya banyak kelebihan. Bahkan, dibandingkan dengan bahan yang lainnya, kayu jati ini mampu memberikan banyak hal yang menguntungkan dari lainnya. Untuk berbagai inspirasi, Anda bisa mengunjungi  hustopia.com. Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari kelebihan yang dimiliki oleh kayu jati ini seperti yang ada di bawah ini:

  1. Kayu jati bisa membuat Anda terlihat lebih durabilitas. Karena kayu jati itu dikenal dengan kekuatannya yang selalu prima. Tak heran bila bahan material ini dapat mempengaruhi masa pakai dalam waktu yang cukup panjang. Bahkan, bila dibandingkan dengan bahan material kayu yang lainnya, kayu jati ini tidak mudah membusuk dan lebih awet. Bahkan, kayu jati ini ternyata tidak cepat rusak dan tidak cepat berubah bentuk.
  2. Kasur yang berasal dari kayu jati ini cocok sekali digunakan untuk rumah yang dibangun di iklim tropis. Karena kayu jati ini mempunyai ketahanan yang cukup sempurna dari kondisi air, lembab, dan juga cuaca yang ekstrim. Sehingga, bahan material ini cocok sekali untuk Anda.
  3. Kelebihan yang lain dari tempat tidur dari kayu jati adalah bahan ini anti serangga dan juga anti rayap. Meskipun banyak orang kerap menghindari pemakaian material kayu untuk perabotan seperti kasur, karena bahan ini cepat sekali rusak oleh serangga dan rayap. Namun, ternyata bahan dari kayu jati ini berbeda sekali dengan bahan kayu pada umumnya. Kayu jati mempunyai kandungan minya yang sangat kuat. Sehingga, hal ini membuatnya menjadi anti serangga, anti rayap, dan juga anti jamur.
  4. Material kayu jati ini memiliki tampilan yang lebih elegan dan lebih mewah. Selain mempunyai ketahanan yang jauh lebih baik dari serangga dan cuaca yang ekstrim, ternyata tempat tidur yang berasal dari kayu jati ini bisa memberikan tampilan yang lebih mewah, klasik, dan juga sederhana.
  5. Dengan memilih kayu jati yang berwarna cokelat keemasan dengan motif yang tepat, maka penampilan material ini menjadi semakin lebih unik, berbeda, dan juga lebih menawan. Tentu saja hal ini berbeda sekali dengan tampilan kayu yang lainnya.
  6. Yang membuat tempat tidur dari kayu jati ini lebih menarik adalah, karena pemrosesan dari kayu jati itu lebih praktis. Bahkan, tanpa harus divernis, kayu jati ini bisa langsung dipakai. Karena, bila kayu lainnya umumnya harus divernis dulu supaya tampilannya jauh lebih mengkilap, kandungan minyak kayu jati ini ternyata bisa memberikan kesan tampilan yang lebih mengkilap secara natural tanpa memolesnya lebih dulu seperti kayu yang lainnya.
  7. Bahan material dari kayu jati ini umumnya memiliki banyak pilihan warna. Jadi, bila umumnya material kayu itu Cuma ada coklat saja warnanya, namun ini berbeda sekali dengan kayu jati. Karena kayu jati itu terdapat di kulit kayu, sehingga warna yang dihasilkan menjadi berbeda. Misalnya saja, seperti berwaran abu-abu dan cokelat. Tentu saja warnanya ini natural dan alami. Sehingga, dengan menggunakannya di rumah, kamar bisa terlihat lebih atraktif.
  8. Yang membuat kayu jati ini sayang diabaikan adalah karena kayu jati itu mudah perawatannya. Hanya dengan dilap saja memakai kain yang setengah basah, kemudian dilanjutkan dibersihkan dengan kain kering yang bersih tanpa bantuan cairan khusus, maka Anda sudah bisa membersihkan kayu ini dengan mudah tanpa banyak biaya lagi. Kemudahan perawatannya inilah yang membuat kayu jati ini cocok sekali untuk pecinta hal-hal yang berbau praktis.
www.pexels.com

Yang pasti, dari pada menggunakan bahan yang lainnya, material dari kayu jati ini jauh lebih baik karena bisa dijdikan sebagai investasi yang menarik. Hal ini tak lain karena kasur yang berasal dari kayu jati itu tidak cepat rusak. Sehingga, ketahanannya lebih lama dan bisa dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan dari pertama kali Anda membelinya.

Meskipun harga jualnya lebih mahal, namun kayu jati ini bisa memiliki masa pakai yang lebih panjang, bahkan bisa lebih dari 70 th. Tentu ini akan memberikan sebuah keuntungan tersendiri. Karena bila menggunakan bahan kayu yang lainnya itu sudah pasti hanya dapat bertahan selama 20 tahun saja.

Ini sama seperti logam mulia. Karena harga kayu jati itu selalu meningkat setiap tahun. Dengan perawatan yang tepat secara teratur, maka material kasur dari kayu jati ini bisa Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang yang bernilai untuk Anda di masa depan. Beruntungnya lagi adalah, saat ini model dari kasur kayu jati juga banyak. Sehingga, hal ini mampu memanjakan Anda sebagai penggunanya.

7 Varian Model Tempat Tidur dari Kayu Jati

Pada dasarnya, tempat tidur itu berasal dari berbagai macam material. Misalnya saja, seperti kayu dan besi. Kasur yang berasal dari kayu itu punya banyak kelebihan dari pada menggunakan bahan material yang lainnya. Beberapa keunggulannya tersebut meliputi, lebih tahan lama saat memakai kayu yang berkualitas, mampu untuk menahan beban yang berat, cocok dipakai untuk semua desain interior, dan punya desain yang lebih menarik. Agar dapat meningkatkan inspirasi Anda dalam menggunakan kasur dari kayu jati, sebaiknya simak dulu contoh modelnya di bawah ini:

www.pexels.com
  1. Kasur kayu jati berbentuk lekukan yang sederhana di kedua ujungnya. Tampilannya yang terlihat polos tanpa ada ukiran ini justru disukai oleh banyak orang. Maka dari itulah, bila Anda ingin memilikinya, maka ukur dulu panjangnya dengan benar. Sehingga, kaki Anda tidak akan terbentur oleh kayu saat sedang tidur.
  2. Kasur jati yang ada pilar mininya juga merupakan salah satu model yang bagus untuk kasur Anda. Di zaman dahulu kala, banyak bangsawan tidur yang memakai kasur dari kayu yang lengkap dengan pilarnya dan juga kelambunya. Supaya bisa menciptakan nuansa yang sama seperti kasur para bangsawan, maka Anda bisa mencontoh desain kasur yang satu ini. Tak harus ada banyak pilarnya, karena Anda bisa menciptakannya juga di kasur yang sempit dan mini. Tambahkan saja 2 pilar mini dibagian headboard agar kesan kasur lebih elegan.
  3. Kasur jati dengan ukiran di bagian headboard. Banyak orang lebih mengedepankan kualitas dan kekuatannya saat mencari sebuah kasur. Maka dari itulah, mereka memilih kayu jati karena lebih awet dan tidak akan membahayakan penggunanya. Untuk bentuknya sendiri juga bervariasi. Dengan menambahkan ukiran yang sederhana dibagian headboardnya saja, maka hal ini akan membuat desainnya lebih menarik.
  4. Kasur kayu jati yang dikombinasikan dengan besi untuk bingkainya ini adalah salah satu model kasur kayu jati yang kokoh dan elegan. Kedua material gabungan ini bisa dipakai dengna warna alaminya. Sehingga, kasur dari besi dan kayu ini akan membuat kesan ruang kamar Anda menjadi terlihat lebih rustic.
  5. Kasur tidur dari kayu jati akan terlihat lebih menarik bila dibuat yang paling sederhana. Seperti yang telah diketahui, bahwa seluruh bagian kasur ini Cuma ada potongan garis lurus saja. sementara dibgian headboarndya dilengkapi dengan 2 lampu tidur. Kemudian, untuk sebelah kanan dan kirinya diberikan ruang yang kosong untuk duduk sebentar. Anda bisa memilih kasur tidur dari kayu jati yang berwarna muda agar kesannya jauh lebih elegan.
  6. Kasur tidur dari kayu jati yang lengkap dengan laci ini akan membuat Anda lebih senang. Karena di era yang sudah serba modern saat ini, banyak pembuat furniture mulai melengkapi kebutuhan konsumen. Ketika lahan rumah makin mengecil dan terbatas, maka kehadiran furniture yang multifungsi adalah yang terbaik. Maka dari itulah, kasur yang dibuat lengkap dengan laci sebagai penyimpanan bagian bawahnya ini akan membuat kasur tidur dari kayu jati Anda yang sederhana bisa terlihat lebih elegan. Sedangkan untuk pilihan warnanya bisa disesuaikan dengan konsep kamarnya sendiri.
  7. Kasur kayu jati yang berwarna putih merupakan salah satu kasur yang wajib dipilih. Gayanya sangat modern, sehingga hal ini membuatnya terlihat lebih unik. Anda bisa memilih kasur kayu jati yang ada potongan garis lurusnya dan aksen berbentuk bingkai persegi timbul sedikit saja. sehingga, nuansanya akan terlihat lebih menarik.
www.pexels.com

Bila Anda sudah mendapatkan ide terbaik Anda untuk memilih kasur, maka tugas Anda selanjutnya adalah harus bisa memilih kayu jati yang berkualitas. Sehingga, hal ini bisa menentukan usia pakai dari tempat tidur dari kayu jati nantinya. Salah satu jenis kayu yang berkualitas adalah kayu jati. Untuk mendapatkan kayu jati yang berkualitas, sebaiknya simak saja tipsnya di bawah ini:

  1. Kayu jati yang berkualitas adalah kayu yang umurnya sudah tua. Karena semakin tua kayunya, maka tingkat keawetan dan kekuatannya menjadi lebih baik dan lebih bagus dibandingkan usia kayu yang masih muda.
  2. Kayu jati yang bagus adalah yang punya pori-pori kayu yang padat. Sehingga, kayu ini menjadi lebih tahan dan awet dari gangguan serangan hama dan perusak kayu, layaknya rayap.
  3. Kayu jati itu akan lebih berkualitas bila warnanya hidup. Biasanya kayu yang berkualitas bagus ini selain tua juga memiliki warna permukaan kayu yanglebih hidup. Hal ini dikarenakan semakin tua kayunya, maka pigmen kayu yang dibuat oleh kayu jati tua tersebut makin banyak.
  4. Kayu jati yang bagus itua dalah yang tidak punya mata matinya. Mata mati ini harus dijauhi karena kayu yang memiliki mata mati biasanya lebih mudah patah dan mudah rusak. Sehingga, kurang baik bila dijadikan sebagai tempat tidur atau bagian furniture yang lainnya.
  5. Kayu jati yang sempurna itu adalah yang tidak punya hati kayu. Hati kayu ini berada di bagian pusat kayu. Biasanya isinya adalah dari gabus. Untuk tampilannya berbentuk garis panjang. Jika dilepaskan akan ada bekas yang bisa merusak keindahan dari kayu jati itu sendiri.
  6. Kayu yang bagus adalah yang tidak berlubang. Sama seperti adanya hati kayu, karena lubang kayu itu juga bisa merusak kayu dan membuat kayu terlihat tidak indah. Karena Anda harus menambahkan banyak dempul saat menggunakannya untuk menutup kekurangannya tersebut.
  7. Yang terakhir adalah, selalu pastikan tidak ada gubalnya. Meskipun ada, sebaiknya pastikan gubalnya hanya sebesar 3% saja. Tidak boleh lebih dari itu. Sehingga, kualitas kayu tersebut menjadi tidak perlu diragukan lagi.

Selanjutnya, bila sudah tahu tentang kelebihan kayu jati, pemakaian kayu jati, ciri-ciri kayu jati yang bagus dan varian model dari sebuah kasur kayu jati, maka tugas Anda selanjutnya adalah mempelajari tentang cara perawatannya. Karena Anda pasti rugi besar bila sudah bayar mahal unutk membelinya namun tidak dirawat dengan baik. Otomatis kayunya menjadi cepat rusak. Maka dari itulah, sebaiknya simak saja dulu cara perawatannya di bawah ini agar kayu jati Anda tidak mudah rusak:

www.pexels.com
  1. Anda harus membersihkan kayunya secara rutin. Setidaknya, lakukan setiap 1 minggu 3x sekali atau dilkaukan 4x dalam 1 bulan saja. Untuk cara membersihkannya juga mudah! cukup pakai kuas yang ukurannya kecil supaya dapat meberishkan debu yang ada di sela-sela kasur Anda. perawatan ini berguna sekali untuk menghindari adanya jamur yang bisa tumbuh di bagian sela-sela kasur jati Anda tersebut.
  2. Anda bisa memakai cairan pembersih khusus untuk membersihkan kayu jati ini. Bersihkan saja memakai cairan kit atau pledge dengan lap kering yang bersih. Sehingga, kasur jati Anda tetap indah, kinclong, dan warnanya selalu terjaga. Bila perlu, tambahkan wax atau gel agar hasilnya lebih baik dan sempurna.
  3. Ketika Anda ingin memindahkan kasur ini, sebaiknya lakukan dengan benar dan harus hati-hati. Jangan pernah menarik atau menyeretnya karena hal ini dapat mengikis kayu jati karena gesekannya ke lantai. Maka dari itulah, bila Anda ingin memindahkannya, sebaiknya angkat saja dibagian dalamnya dengan hati-hati. Barulah kemudian angkat kasur itu di tempat yang Anda inginkan.
  4. Jangan pernah lupa untuk menaruhnya di ruangan kamar yang kering dan suhunya harus normal. Karena bila terkenal suhu yang panas terus-terusan, hal ini bisa membuat kayu makin kering dan menyusut. Akibatnya, terjadilah retakan dibagian lapisan kayu. Maka dari itulah, sebaiknya jauhkan kasur kayu ini dari peralatan yang bisa memancarkan panas. Selain itu, udara yang lembab ternyata bisa menimbulkan serangga dan jamur yang bisa merusak kasur kayu jati Anda. Maka dari itulah, perhatikan tempatnya sebelum membelinya.

Yang pasti, jangan lupa untuk selalu membersihkannya secara rutin. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan sisa teh. Jadi, selain teh itu baik dikonsumsi setiap hari karena punya banyak fungsi yang menyehatkan tubuh. Ternyata, sisa teh ini juga bisa djadikan sebagai pembersih untuk kayu. Sementara itu, supaya hasil warnanya dan kilaunya lebih baik, sebaiknya celup saja kain lembut milik Anda ke dalam seduhan dari teh hitam. Setelah itu, peras kainnya dan usap pada kasur kayu jati milik Anda. Bila sudah, diamkan saja sampai kering. Dengan cara inilah kasur jati Anda bisa lebih terawat dan lebih awet sepanjang waktu.

Leave a Comment